1. -

    waktu kian berlalu

    detik demi detik hilang , pergi menjadi sebuah masa lalu

    ini adalah sebuah pilihan , ingin terus maju

    atau berdiam diri sepeti batu

    kita tak akan pernah tau , 

    bagaimana masa depan yang kita tuju

    semua pasti berharap , bahwa itu sesuai yang kita mau

    bergeraklah !!

    gerak !! 

    walaupun perlahan , namun geraklah !

    apakah kalian lupa bahwa bulan berevolusi secara perlahan ?

    perlahan namun pasti ,

    Tuhan pasti akan menemani gerak langkahmu

    jangan berdiam diri !!

    apa guna hidupmu ini ?

    jika kau hanya membatu ?

    sebentar lagi kupastikan , kau hanyalah sebuah nama

    ini adalah plihan ,

    ingin menjadi nama yang hilang 

    atau menjadi nama yang selalu terkenang

  2. selamat datang 20 tahunku ~

    alhamdulillah…

    subhanallah wabihamdihi…

    barakallahu lakuma wa Baraka alikuma

    Wa jamaah baina kuma fii khair

    Barakallah hu lakuma wa baraka alikuma

    Wa jamaah baina kuma fii khair.

    sudah 20 tahun..

    sudah dewasa…

    harapanya sudah tau mana yg baik dan mana yg buruk..

    lebih selektif lagi dalam segala hal..

    selektif dalam bergaul

    selektif dalam mengambil keputusan…

    selektif , demi masa depan yg panjang :)

    tahan…

    tahan segala hal yg bisa ditahan !

    tahan pacaran !

    tahan lisan yg tak seharusnya terlontar !

    tahan pikiran yg tak semestinya dikhayalkan !

    tahan maksiatmu !

    perbaiki…

    perbaiki hatimu ! 

    perbaiki jiwamu !

    perbaiki akhlaq dan agamamu !

    indah , ayoo…

    20 tahun ini jadikan pelajaran kedepan..

    sudah bukan anak kecil lagi..

    ini adalah gerbang menuju buku baru..

    bukan indah yg dulu lagi…

    namun tak sepenuhnya baru ,

    yang jelas , indah yg lebih baik lagi !

    ingat , indah yg lebih baik lagi !

    selektif , tahan , dan perbaiki 

    belajar untuk semakin taat kepada Alah swt 

    sempurnakan wajibNya…

    dan tambahkan dengan sunnahnya…

    Allahu Akbar !

    sambut indah yg sekarang…

    indah yang lebih baik pastinya !

    aamiin…

  3. thanks nineteenth !

    alhamdulillah….

    bye 19th ! thanks for all single moments that you’d given to me…

    thanks for happiness and also for sadness..

    finally and fortunately i can pass the 19th ! :D

    well , there’re so many things that i can’t get yet in my 19th ! but , i think it doesn’t matter…

    keep spirit ! and be good in my 20 , thanks 19 , you’re my inspiration :)

  4. foto moment promosi untuk annual report AIIB semester 4 :)

  5. "banyak-lisme"

    29 MEI 2014

    Alhamdulillah , hari ini 29 mei 2014 akhirnya seluruh kepengurusanku sudah resmi selesai , terakhir adalah sertijab HIPMI…setelah sebelumnya sudah sertijab dari UKM KWU , PECC dan KSEI…

    Kali ini aku merenung , merenungkan apa saja yang telah aku lakukan selama setahun kepengurusanku di dalam 4 organisasi secara bersamaan…

    Mungkin kedengarannya aku terlalu tamak , karena dalam setahun kepengurusan , lebih tepatnya anak tingkat 1 pada saat itu , terdaftar di 4 struktur organisasi yang berbeda dan jelas tidak bisa di satukan…

    KPR adalah ruah pertama yang membuka mataku untuk melihat betapa asyiknya kehidupan organisasi di kampus , kepengurusan yang hanya 4 bulan itu menjadikanku sangat ketagihan dan akhirnya menempatkan organisasi menjadi bagian dari keseharianku…

    Aku memang bukan organisator yang baik , aku syarat dengan kekurangan dan kelemahan , namun aku selalu berusaha untuk menjadi organisator yang baik…pilihanku ini mungkin tak sepenuhnya mendapat dukungan dari keluarga , mengingat tujuan utama kuliah adalah menuntut ilmu , tempat tinggal yang bisa dibilang tdk dekat dr lingkungan kampus , dan aku adalah anak perempuan yang kata ortu “nggak elok” kalo sering pulang malam

    Ada banyak alasan mengapa aku berani  sekali mengambil pilihan tsb , ya sekali lagi “hidup adalah pilihan , dan ini adalah pilihanku” . Aku sama sekali tidak mengejar sebuah jabatan ataupun kedudukan , apalagi tujuan “supaya cepat move on dari mantan , makanya banyakin kesibukan” . Bukan kedua alasan tersebut yang mendasari mengapa aku ingin bergabung dengan ke-empat keluarga baruku itu…

    Saat itu aku berpikir bahwa , sekarang aku adalah seorang mahasiswa , aku harus bisa mengubah mindset , dari seorang siswi putih abu , menjadi seorang mahasiswi ber jas almamater…maka dari itu , aku memutuskan untuk bergabung di sebuah organisasi , namun seiring berjalannya waktu aku berpikir lagi , aku bisa punya banyak teman dari berbagai jurusan kalau aku ikut organisasi…

    Akan ada banyak hal yang bisa aku ambil , mulai dari banyak teman , banyak ilmu dan tentunya banyak pengalaman yang tdk bisa didapat di dalam ruang kelas…aku juga berpkir bahwa , apabila aku mengikuti organisasi , aku bisa mengasah kemampuanku , dan aku bisa menyalurkan tenaga , pikiran dll untuk kegiatan yang bermanfaat , sehingga insya Allah bisa menjadi ibadah

    Mulai saat itu terbesit di benakku untuk mendaftar di 3 organisasi lainnya , namanya juga mahasiswa baru yang bisa dibilang labil dan short minded (berpikiran jangka pendek)…tentu aku tdk pernah berpikir masalah apa yg akan timbul di kemudian hari , apalagi tak pernah terbesit jika kenyataannya membagi waktu di  4 wadah yang berbeda itu tdk mudah…ya jelas , membagi waktu di 4 tempat dgn tujuan yg berbeda itu tidak mudah , tidak mudah !

    Apa mau dikata , semua sudah telanjur , semua keputusan ada di tanganku , ingin terus maju ? tau ingin mundur sebagai pecundang yg tdk konsisten dgn apa yg diambil . haha , bukan pilihan yang mudah untuk dijalani .

    Hari demi hari kuliah , waktuku banyak tersisa di kegiatan non akademik , sedikit untuk akademik , dan tdk terdeskripsikan waktu untuk keluargaku di rumah…apalagi untuk urusan pribadi , yang saat ini lg ngetrend adalah masalah cinta #halahh , boro boro banget lah ya masalah cinta , kalaupun aku pulang cepat , sampai rumah sudah dibekali dengan seabrek tugas luar , mulai dari bikin surat , bikin rundown , dan bikin tetek bengek lainnya

    Kenyataan ini mungkin tdk dialami oleh teman – teman mahasiswa umum , yang lebih memilih focus untuk kuliah…coba bayangkan , tugas kuliah yang sudah banyak , harus ditambah dengan tugas lain yang banyak dan tdk akan berpengaruh pada nilai di KHS…coba bayangkan , pasti menurut logika mahasiswa umum , itu wasting time banget…mending nggarap tgs kuliah yang jelas dinilai , drpd tgs lain yg ga jelas…

    Menjadi mahasiswi D4 Perbankan syariah , aku pikir merupakan hal yang mudah , maksudnya lebih mudah daripada mahasiswa teknik…dan ternyata , semua itu salah , aku lupa bahwa aku lulusan IPA dan buta akuntansi , ngaaah banget kan ? alhasil prestasi di kelas menurun , gara gara factor emang dasarnya ga bisa akuntasi dan ditambah , kalo di kelas ga focus ke dosen , malah ngerjain rancangan acara proker besok mau dibuat model gimana…

    Asiik sih , sensasional banget rasanya jadi mahasiswa aktifis , dikejar deadline , manajemen waktu yang super dibutuhi juga…banyak pengalaman yang tak terlupakan dari kehidupan berorganisasi , belom lagi ngerasain atmosfer politik kepentingan atau mungkin saingan dengan organisasi lain , maksudnya saingan pesen tempat buat ngadain proker -___- itu emang momok dari segalanya , tiwas bikin rancanagn yang bagus , ternyata tempatnya udah dibooking ormawa lain…

    Banyak suka duka yang aku alamin , dan semua ini bakalan aku inget terus sampe kapanpun , karena apa ? sebagian masa mudaku , sudah aku habiskan untuk kegiatan yang insya Allah banyak manfaatnya dikemudian hari…

    Dukanya dulu lah ya , duka dari organisator “banyak-lisme” adalah , aku harus banyak uang ! yak , uang yang dikeluarin jelas banyak banget , mulai dari bayar kas bulanan , bayar baju seragam yang ga Cuma satu doang , bayar makrab , bayar makan makan , bayar ini itulah , pokoknya kalo mau jadi mahasiswa “banyak-lisme” harus siap keluar uang banyak , FAKTA ! hah , coba bayangin , ortu ga pernah ngejatah “ini sangu kuliah , ini sangu kegiatan ya mbak” jadi , aku harus pinter juga manage uang yang dikeluarin buat makan dan buat bayar keperluan organisasi…dan sekali lagi , ini FAKTA dan ini TIDAK MUDAH !

    Duka yang lain adalah aku jd kurang focus kuliah , jelas…itu pasti sangat berpengaruh , di setiap melakukan sesuatu aku ingin semua berjalan dengan sempurna , semua bisa balance , antara tugas dan nilai ujian dengan kegiatan non akademik…alhasil nilai lumayan merosot gegara di kelas perhatian bukan ke dosen , dan aku harap itu adalah IP pertama sekaligus terakhir yang paling jelek  :”)

    Duka lainnya lagi , duka “banyak-lisme” adalah , aku harus mendengar cibiran teman-teman yang bunyinya “kok indah lebih sering kesana sih , kok jarang disini” , masyaa Allah , sedih banget rasanya kalo denger kalimat itu , dan aku ga mungkin jelasin kalo aku ga Cuma “hinggap” disini , aku juga ada urusan di tempat lain , jangan dikira aku foya foya yaa , boro boro foya foya , waktu buat googling “cowok paling ganteng se polines” aja aku ga punya guys :”) . jelas , aku ga bisa memeberikan proporsi waktu yang sama untuk semua , coba bayangkan kalau 100% dialokasikan untuk kuliah , dan sisanya dibagi ke 4 wadah yang berbeda…aku kurang mampu untuk memberikan porsi yang sama , pasti ada yang dilebihkan dan tentu ada yang dikurangkan…

    Sekarang suka nya berorganisasi “banyak-lisme” yang pertama , aku punya banyak teman dari banyak kalangan , dari yang tingkat satu sampe tingkat tuwir , dari jurusan banyak duit sampe jurusan belepotan oli…hahaha , seneng banget deh bisa punya temen banyak , “banyak teman banyak rejeki” , yang jelas banyak yg cantik dan ganteng…icikiciw , lumayan refresh mata lah ya..seenggaknya temen bisa  bermanfaat buat kedepannya , mungkin bukan sekarang , tapi nanti

    Suka yang kedua adalah , bisa banyak pengalaman , jelas pengalaman bekerjasama tim untuk sebuah proker itu ga bisa sepenuhnya dirasain di dalem kelas . lagi lagi , pengalaman adalah guru terbaik , kita bisa ambil gimana positif negatifnya dari sebuah acara , jadi insya Allah kedepannya kalo harus ngelakuin lagi , kita udah mahir…

    Suka yang lainnya , mungkin lebih ke banyak ilmu yang kita dapat…memang ilmu ga melulu harus tertulis di dalam sebuah buku tebal , ilmu ada yg hanya sekedar teori , dan ada pula ilmu praktik…dalam kehidupan kita , ilmu praktik / lapangan jelas lebih berperan , dan di dalam berorganisasi kita bisa banyak mengaktualisasikan hal itu…

    Ilmu yang aku dapatkan banyak sekali , mulai dari PECC yang tak terlupakan aku dapat ilmu mengajar , bagaimana cara mengajar grammar ke orang lain , aku dapat ilmu dari temen2 yang super cerdas dan kreatif soal buat proker , dan yang terakhir adalah pengalaman jadi pendamping lomba debat anak SMA , aku dapet ilmu debat darisana , ya maklum sebelumnya ga pernah ngerti masalah gituan..

    Dari KWU , aku dapet ilmu caranya memasarkan barang di proker SOTR , caranya biar ga malu malu lagi buat jualan karena banyak orang yang gengsi kalo disuruh jualan..

    Dari HIPMI , aku dapet banyak ilmu juga , yaitu ilmu jadi pengusaha ! berkali kali aku dibuat terpukau melihat anak muda yang sudah bisa punya penghasilan sendiri , bahkan bisa menggaji orang lain . yang lainnya lagi , aku punya pengalaman bisa kenal sama pejabat pejabat dan pengusaha muda sukses di wilayah kota semarang dan jawa tengah…lagi , di hipmi aku selalu ditempatkan sebagai SIE ACARA , dan itu seringkali SENDIRIAN , coba kalian bayangkan , diamanahi membuat rangkaian acara sendirian , mulai menentukan  acara , bikin rundown nya , mastiin ini itunya…ini beneran sensasional , bahkan bikin aku jadi emosional karena saking stressnya koordinasiin acaranya ke pengisi acara..dan masih banyak lagi

    Dari KSEI , ilmu yang ga bakal aku lupain adalah ketika aku jadi perwakilan untuk rangkaian acara Temu Ilmiah Regional , subhanallah banget pastinya , dapet ilmu ekonomi islam dari kacamata yg lebih luas , dan aku semakin tau bahwa ilmu kita hanya sedikit jika dibandingkan dengan ilmu Allah :”) satu hal yang pasti , suata saat nanti akan muncul Ekonomi Islam sebagai solusi perekonomian dunia , dimana tdk ada kapitalis dan liberalis lagi

    Masih banyak lagi ilmu dan pengalaman yang aku dapet , ilmu wajib adalah ilmu manajemen , mulai dari bagaimana aku memanage orang lain , manage waktu , dan manage uang :”) ilmu manajemen di buku ga bisa kita percaya , kalo kita ga ngelakuin sendiri…

    Dari sini aku bisa lebih mengontrol emosi , mengontrol ego karena kepentingan bersama adalah tujuan , belajar public speaking yang ga bisa penuh dipelajari sambil ngomong di dpn kaca , dan belajar memahami karakter seseorang  , karena setiap orang pasti punya karakter sendiri , dgn “banyak-lisme” yg selalu syarat dengan bertemu banyak orang  aku lebih bisa membaca karakter orang dari cara bicaranya , cara bertindak dan bertingkahnya , cara pemecahan masalahnya..jadi, aku bisa lebih menempatkan diri di depan mereka yang karakternya bertolak belakang denganku…

    Sekian renunganku kali ini , masih banyak lagi yang aku dapatkan , namun tidak bisa aku ugkapkan dengan kata-kata .

    Pesanku ,

    jangan lupakan ibadahmu ! urusan dunia tdk lebih penting drpd akhirat , jadi tidak etis jika kita meninggalkan sholat 5 waktu , mengaji dan ibadah lainnya hanya demi proker / rapat yang tdk memberatkan timbangan  di hari akhir nanti…

    untuk para mahasiswa yang berniat ber”banyak-lisme” silakan pikir lagi , pastikan berkali-kali kalo kalian bisa bagi waktu…karena ASLI GA MUDAH ! apalagi di akhir kepengurusan , kalian akan ditimpa masalah bertubi-tubi mulai dari proker besar-besaran yang bersamaan dan acara sertijab yang seringkali tumpang tindih jadwalnya…

    untuk para kakak tingkat yang mau menyeleksi anggota baru , berikan pertanyaan dan pernyataan untuk calon anggotamu masalah “banyak-lisme” ini , jangan sampai ada mahasiswa yang seperti aku lagi , aku harap aku yang terakhir…mahasiswa yg tdk mumpuni dalam manajemen organisasi  :”)

    Penutup ,

    Aku bukan manusia yang sempurna , aku syarat dengan kelemahan…maaf untuk semua kesalahanku , maaf untuk kekeliruanku , maaf aku sudah membebani kalian , maaf untuk ketidak-loyal-an-ku , maaaf yang sedalam-dalamnya untuk semua keluarga besarku :”)

    Terimakasih banyak untuk semuanya , atas perhatian kalian , pengalaman dan ilmu yang tak ternilai harganya , kebahagiaan , canda tawa , dan semua yang telah aku alami selama 1 tahun kepengurusanku , terimakasih banyak KWU , PECC , HIPMI dan KSEI…

    Dari pelaku tunggal , mahasiswi “banyak-lisme” KWU , PECC , HIPMI dan KSEI

    -Wahyu Indah Kusumastuti-

  6. i’m really deeply sorry

    maaf…

    entah aku harus bilang maaf kayak gimana lagi…

    aku sama sekali ga mau nyakitin perasaan siapapuuuun…

    ga mau nyakitin kamu , atau yang lain…

    bukan sama sekali karena aku ga suka , atau gimana…

    karena aku sedang ga siap saat ini..yg lain..

    ga siap sama kamu dan ga siap juga dengan yg lain…

    maaaf , aku sama sekali ga pengen hubungan silahturahmi yg udah terjalin , putus gt aja gara gara masalah sepele…

    aku seneng banget kok bisa bertemen sama kamu , punya temen sebaik kamu..aku seneeeeeng banget :)

    tapi maaf , untuk saat ini aku belum siap untuk itu…

    dan aku pun yakin , kalau memang kita ditakdirkan bersama , pasti akan bersama

  7. jokes

    entah ini tentang apa…

    mungkin tentang mantan atau tentang pacar barunya mantan…

    pasti kalian para mantan , berpikir gimana caranya kalian bisa eksis di hadapan mantan kan ? haha , ya minimal eksis di hadapan pacar barunya mantan lah….

    pengen keliatan eksis / keren / hebat di hadapan mantan itu udah biasa sob…

    mesti kalian pangen kan bilang ke mantan ” heh tan , nih liat gue dong , tanpa elo sekalipun , gue masih bisa hidup ! bahkan gue lebih maju daripada jaman dulu masih sama elo”

    ya ga ? hahaha 

    sekarang gini deh , gimana kalo kalian eksis di hadapan pacar barunya mantan ?

    asik kan sob ? tunjukin ke pacar barunya , kalo sebenernya dia kaga ada apa apanya dibandingin kita !

    tunjukin , kalo kita lebih segala galanya daripada dia ! kita lebih cantik , lebih hebat , lebih kuat , lebih eksis , dan lebih segala gala nya deh sob ! biar dia mati kutu sob , biar dia minder dan tengsin gt…

    ntar kan dia makin aneh sm mantan kita , jd takut mantan kita balikan lagi..secara , kita lebih oye daripada dia…

  8. pernah ga sih kalian ngerasa dicintai seseorang ? :)

    gue rasa pasti kalian pernah lah ya ngerasa dicintain sama seseorang…

    nah , kalo dicintain seseorang yang juga lo cintain ? pasti asik banget kan ya ?

    gue juga pernah ngerasain kayak gt , seneng bangeeet rasanya…

    ga bisa gue lupain perasaan itu , perasaan damaaaai banget waktu lo bangun tidur…

    lo bangun , dan lo sadar kalo hidup lo berarti banget buat orang yang lo cintain , jadi lo semangat banget buat ngejalanin hari hari…

    gini sob , sekarang ada kasus…

    gimane , kalo lo dicintain seseorang yang elo sama sekali ga suka ?

    ngaaaaah banget kan ?

    gue juga bingung gimane ya solusinya ??

    hah , di satu sisi emg gue temenan sama si doi , tapi di sisi laen gue ga pengen punya hubungan lebih dari sekedar temen…

    namanya juga perasaan sob , kaga bisa diubah ubah seenaknya aja kan ?

  9. so me on We Heart It.

    so me on We Heart It.